Langsung ke konten utama

Bagaimana caranya untuk menerapkan makanan sehat, bergizi, dan seimbang di keluarga?

Berikut adalah 7 langkah untuk membentuk gaya hidup sehat dan seimbang pada anak dan keluarga :

1.      Do small changes the way you eat and repeat!
Sekecil apapun lakukanlah perubahan. Kita tidak bisa dengan mudah seketika merubah gaya hidup keluarga, butuh waktu dan proses yang bertahap. Terpenting adalah dengan konsisten melakukan perubahan yang baik dan menjaga konsistensi. Selanjutnya lakukan improvisasi dikemudian hari. Take a real intention and action! Day by day, week by week, and month by month until it becomes lifestyle.

2.      Jauhi makanan olahan dan tidak sehat
Mulai untuk membiasakan menjauhi makan makanan dan minum minuman olahan yang tidak sehat dan rendah zat gizi. Mulai dari jauhi minuman ringan berkarbonasi dan menggunakan pemanis buatan, makanan cepat saji dengan pengolahan deep-frying dan berpengawet, kurangi membeli makanan dan makan makanan diluar rumah, dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Hasilnya adalah kita dapat berhemat dalam membelanjakan uang, terhindar dari senyawa kimia makanan yang berdampak negative dan berbahaya untuk tubuh, dan memiliki energy yang lebih banyak.

3.      Kurangi ketergantungan dengan obat-obatan dan suplemen
Lakukan seperlunya untuk konsumsi obat-obatan dan suplemen makanan. Sehingga kalian mereduksi niatan untuk doing a shortcut way to be healthy. Mulailah biasakan jaga pola makan makanan sehat. Let your food be your medicine!

4.      Biasakan masak dan menyiapkan makanan anak dari rumah
Ada banyak cara untuk memberikan makanan sehat dan terjamin untuk anak. Salah satunya adalah dengan membiasakan anak makan makanan dari masakan orang tua sendiri di rumah. Kemudian gunakan bahan makanan yang sehat dana aman dari cemaran senyawa kimia aktif dan bakteri yang mampu menimbulkan penyakit.

5.      Ketahui darimana makanan yang akan kita makan berasal
Dengan selalu mencari tahu tentang darimana makanan kita berasal akan membuat kita merasa aman. Sumber makanan yang tidak jelas dan mencurigakan baik untuk dihindari. Mulailah untuk mencoba menanam bahan makanan sendiri, seperti sayur dan buah-buahan. Kita dapat banyak manfaat diantaranya adalah mampu meningkatkan kesehatan, jadi media edukasi tentang identifikasi jenis makanan dan cara menanamnya, dan meningkatkan kesadaran akan lingkungan dan makanan. Akan sangat simple sekali jika kita mampu untuk menciptakan lahan makanan kita sendiri. Growing it, pick it, and eat it!

6.      Kenalkan dan ajarkan anak olahraga secara rutin
Tidak hanya soal makanan saja, tetapi juga pada aktifitas fisik dan olahraga pada anak. Sedini mungkin kenalkan olahraga pada anak. Paling tidak anak memiliki hobi untuk berolahraga minimal satu cabang olahraga. Selain untuk menjaga kesehatan, anak akan dapat pelajaran tentang disiplin, berkompetisi, dan sportifitas dalam melakukan pertandingan. Kesampingkan untuk mau jadi juara atau pemenang, focus pada membangun kebiasaan hidup dengan beraktifitas fisik dengan rutin. Do the best on your daily training and let god do the rest for the results!

7.      Jauhi stress yang berlebihan
Sempatkanlah secara periodic untuk waktu rekreasi bersama keluarga. Berencana liburan bersama keluarga minimal sebulan sekali akan mampu meningkatkan stress release setelah melakukan kesibukan di sekolah dan pekerjaan di kantor. Stress juga salah satu penyebab timbulnya penyakit, so enjoy your life and you deserve to be happy!


Orang tua menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang untuk efektif menjaga kesehatan dan kualitas hidup yang baik sehingga dapat memberikan contoh yang baik kepada anak. Akibatnya keluarga menjadi sehat, anak fit dan meningkatkan performa anak dalam aktifitas sehari-hari di sekolah. That’s it the true wealthy for parents and see their children to grow up for strong and healthy!

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhitungan Energi dengan AIBW

a.        Perhitungan Energi v   Langkah Penggunaan AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ) Menghitung berat badan ideal IBW           = (TB – 100) – 10%                    = (160 – 100) – 10% = 54 kg Menggunakan AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ) karena ABW ( Actual Body Weight ) klien lebih besar 120% dari IBW ( Ideal Body Weight ) klien, dimana ABW klien 80 kg dan IBW klien 54 kg. Dibuktikan dengan, ABW/ IBW X 100%               = 80/ 54 X 100%                                                    = 148,148% à ABW > 120% IBW Dikarenakan ABW ( Actual Body Weight ) klien lebih besar dari 120% dari IBW ( Ideal Body Weight ) klien, maka yang digunakan adalah AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ). Menghitung Adjusted Ideal Body Weight (AIBW) AIBW        = (ABW – IBW) X 0,25 + IBW                    = (80 – 54) X 0,25 + 54 = 60,5 kg Koefisien 0,25 (25%) pada perhitungan di atas menunjukkan persen dari kelebihan berat badan yang “ metabolic active ” dengan mempertim

ReSoMal

CARA MEMBUAT FORMULA RAHIDRATION SOLUTION FOR MALNUTRITION (ReSoMal) Cara membuat cairan ReSoMal Terdiri dari : -           Bubuk WHO-ORS untuk 1 liter *                                         : 1 pak -           Gula pasir                                                                                     : 50 gram -           Larutan elektrolit/ mineral **                                              : 40 ml -           Di tambah air sampai larutan menjadi                              : 2000 ml (2 liter) Setiap 1 liter cairan ReSoMal ini mengandung 45 mEq Na, 40 mEq K dan 1,5 mEq Mg (*) : bubuk WHO ORS untuk 1 liter mengandung 3,5 g NaCl, 2,9 g trisodium citrat dihidrat 1,5 g KCl dan 20 g glukosa Cara membuat larutan elektrolit (**) : larutan elektrolit/ mineral terdiri dari : KCl                                           : 224 gram Tripotasium citrat              : 81 grm MgCl 2 ,6H 2 O                         : 76 gram Zn asetat 2

indeks komposit

8.    Langkah – langkah untuk menghitung indeks komposit : a.        Pembuatan Komposit Indeks 1.        Setiap indicator pembentuk indeks komposit ditransformasikan ke dalam nilai berskala 0 – 100 2.        Transformasi dilakukan dengan metode max – min untuk mendapatkan nilai indeks tunggal 3.        Menggabungkan indeks tunggal untuk mendapatkan nilai indeks komposit 4.        Setelah itu, menghitung shortfall. Shortfall digunakan untuk mengukur kecepatan perkembangan penurunan indeks komposit dalam suatu kurun waktu. Ukuran ini secara sederhana menunjukkan perbandingan antara cepaian yang telah ditempuh dengan capaian yang harus ditempuh untuk mencapai titik ideal (100). Dimana: IK t+n     = indeks komposit tahun akhir                 IK t           = indeks komposit tahun awal IK ideal      = 100 n              = selisih antara tahun awal dan akhir Ø   Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam perhitungan komposit indeks 1.        Kerangka teoritis