Langsung ke konten utama

Diet Gizi Seimbang vs Diet Kekinian

Diet gizi seimbang vs Diet kekinianTopik ini sedang trend akhir-akhir ini. Banyak masyarakat yang mulai memiliki keinginan untuk melakukan dan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, apakah semua yang mereka lakukan sudah benar, aman, dan sehat?

Banyak sekali beredar berbagai macam jenis diet di kalangan masyarakat untuk mendapatkan tubuh ideal dan penurunan berat badan, kebanyakan semua menawarkan hasil yang instan. Namun, apakah semua berita yang kalian dapatkan sudah benar, tepat sasaran, dan meyehatkan? Atau malah sebaliknya?

Sekarang zamannya era digital dimana seakan tidak ada batasnya informasi yang kita dapat dan begitu mudahnya kita bisa mencari semua hal yang ingin kita ketahui. Gaya hidup sehari-hari menentukan bagaimana profil kesehatan kita di masa yang akan datang, seperti yang pepatah bilang “Apa yang kita tanam sekarang, itulah yang kau tuai nanti!”. Oleh karena itu, penting untuk kita dalam menyaring dan memilih informasi yang kita dapat dari media sosial terutama informasi tentang gizi dan kesehatan.

Ketika kalian menemukan berbagai macam informasi jenis diet kekinian dan kalian ingin mengikutinya, tolong dibaca kembali dan dicek kebenaran dari informasi tersebut ke ahlinya. Jika tidak mempunyai kesempatan bertemu dengan ahlinya, paling tidak kroscek terlebih dahulu tentang pros dan cons dari informasi yang kalian dapat secara online.


Apa itu Diet Gizi Seimbang?


Gizi seimbang adalah pola makan kita sehari-hari yang mengandung berbagai macam zat gizi dalam jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan kita untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Prinsip gizi seimbang mengutamakan variasi makanan yang kita makan, aktifitas fisik, kebersihan, dan pengukuran berat badan ideal secara berkelanjutan. Lebih mudahnya mari kita lihat tumpeng gizi seimbang dibawah ini :
Tumpeng Gizi Seimbang

Tumpeng gizi seimbang adalah salah satu media yang memudahkan kita untuk menyerap informasi tentang gizi seimbang. Di bagian bawah terdapat prinsip gizi seimbang diluar pengaturan jumlah dan porsi sajian makanan, yaitu manjalankan pola hidup bersih, aktivitas fisik dan olahraga teratur serta senantiasa menjaga dan memantau berat badan. 
Pahami dan Praktikkan pola hidup sehat dengan prinsip Gizi Seimbang untuk menjaga keadaan gizi tetap baik, yang akan bermanfaat bagi kesehatan kita.

Bagaimana Diet Kekinian?

Banyak informasi tentang pengaturan gaya hidup melalui pengaturan pola makan yang kita dapat secara online di berbagai macam sosial media. Tetapi perlu diingat untuk cek kembali apakah itu semua tepat dan baik untuk kita ke ahlinya terlebih dahulu.

Sekarang mari kita mencoba membahas jenis diet yang kini banyak diikuti oleh anak kekinian. Apa saja itu? Check this out!
   

   1.      Diet Keto

Diet ketogenik berasal dari istilah ketosis, yaitu proses alami dalam tubuh untuk membantu kita mendapatkan cadangan energi ketika asupan makanan kita sangat rendah yang diperoleh dari produksi keton yang didapat dari pemecahan lemak yang ada di hati. Diet dipercaya mampu menurunkan berat badan secara cepat. Prinsip diet keto adalah mengurangi asupan karbohidrat atau bahkan bisa sampai zero karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak dan protein.

    2.     Diet Mayo

Diet mayo sangat fenomenal beberapa tahun terakhir di Indonesia. Prinsip diet ini berasal dari para ahli kesehatan di Mayo Clinic, Minnesota, Amerika Serikat. Cara kerja diet ini dengan puasa garam selama 13 hari penuh. Garam disini adalah makanan yang memiliki rasa asin. Sengaja untuk membatasi konsumsi garam karena dipercaya dapat mengikat cairan dan lemak tubuh yang menyebabkan tubuh gemuk.
Lebih fenomenal lagi orang yang menjalankan Diet Mayo dalam 13 hari ini dipercaya dapat mengurangi sekitar 6-8 Kg. Paahal penurunan berat badan yang direkomendasikan adalah 3-5% dari berat badan per bulan. Sehingga perlu diketahui bahwa yang berkurang itu adalah cairan dalam tubuh dan tidak lemak.

 3.      Diet General Motors (GM)

Diet General Motors (GM) adalah diet yang berasal dari perusahaaan General Motor. Prinsip diet ini dilakukan hanya untuk kalangan pegawai perusahaan yang memiliki tubuh yang ‘Big Size’ dan tidak disebarluaskan ke umum. Namun, banyak orang yang ikut mencoba cara ini. Terkenal pada tahun 2007 di Amerika Serikat dan sudah tidak populer lagi karena pada tahun 2009 diet GM ini dilarang karena tidak sesuai dengan ketentuan dan rekomendasi nasional. Dalam diet ini Anda diminta untuk merencanakan asupan makanan yang minim kalori namun kaya asupan gizi, yang harus dipatuhi dalam 7 hari berturut-turut. Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan menu makan dalam rencana diet GM melibatkan variasi buah dan sayuran. Sehingga minim zat gizi dari makanan sumber protein dan lemak hewani dan karbohidrat.

    4.      Diet Alkali

Diet makanan alkaline adalah pola diet yang lebih mengutamakan konsumsi seperti buah-buahan utuh, sayuran, dan beberapa jenis biji-bijian yang memiliki rendah kalori. Polanya melibatkan keseimbangan antara makanan yang bersifat asam dan alkali. Tidak sedikit juga sayuran yang dimakan tanpa proses pengolahan makanan (mentah), tapi dalam keadaan bersih. Memiliki peminat yang luamyan banyak dimasa kini, terutama pada orang yang senang disarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau.

Bagaimana people? Pilih-pilih dulu sebelum menentukan diet kalian untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Goal daripada ingin menurunkan berat badan yang memiliki sangat besar risiko kita untuk kembali ke berat badan sebelumnya jika tidak teratur (Diet Yoyo), lebih baik adalah menjalankan pola hidup sehat dengan mengimplementasikan Gizi Seimbang untuk long term Goal kalian.

Bagaimanapun, sebelum melakukan diet Anda harus berkonsultasi dengan Ahli Gizi. Daripada terasa tersiksa dan tidak nyaman beraktivitas. Diet jika hanya dilakukan untuk jangka pendek tidak baik untuk kesehatan, oleh karena itu buatlah diet menjadi pola makan dan gaya hidup kalian sehari-hari. Menjadi sehat melalui makanan adalah hal yang paling menyenangkan! Makanlah untuk hidup, jangan hidup untuk makan.

Ask Your Dietitian: Diet Gizi Seimbang vs Diet Kekinian


By


Arif Sabta Aji, S.Gz
#askyourdietitianID



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhitungan Energi dengan AIBW

a.        Perhitungan Energi v   Langkah Penggunaan AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ) Menghitung berat badan ideal IBW           = (TB – 100) – 10%                    = (160 – 100) – 10% = 54 kg Menggunakan AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ) karena ABW ( Actual Body Weight ) klien lebih besar 120% dari IBW ( Ideal Body Weight ) klien, dimana ABW klien 80 kg dan IBW klien 54 kg. Dibuktikan dengan, ABW/ IBW X 100%               = 80/ 54 X 100%                                                    = 148,148% à ABW > 120% IBW Dikarenakan ABW ( Actual Body Weight ) klien lebih besar dari 120% dari IBW ( Ideal Body Weight ) klien, maka yang digunakan adalah AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ). Menghitung Adjusted Ideal Body Weight (AIBW) AIBW        = (ABW – IBW) X 0,25 + IBW                    = (80 – 54) X 0,25 + 54 = 60,5 kg Koefisien 0,25 (25%) pada perhitungan di atas menunjukkan persen dari kelebihan berat badan yang “ metabolic active ” dengan mempertim

ReSoMal

CARA MEMBUAT FORMULA RAHIDRATION SOLUTION FOR MALNUTRITION (ReSoMal) Cara membuat cairan ReSoMal Terdiri dari : -           Bubuk WHO-ORS untuk 1 liter *                                         : 1 pak -           Gula pasir                                                                                     : 50 gram -           Larutan elektrolit/ mineral **                                              : 40 ml -           Di tambah air sampai larutan menjadi                              : 2000 ml (2 liter) Setiap 1 liter cairan ReSoMal ini mengandung 45 mEq Na, 40 mEq K dan 1,5 mEq Mg (*) : bubuk WHO ORS untuk 1 liter mengandung 3,5 g NaCl, 2,9 g trisodium citrat dihidrat 1,5 g KCl dan 20 g glukosa Cara membuat larutan elektrolit (**) : larutan elektrolit/ mineral terdiri dari : KCl                                           : 224 gram Tripotasium citrat              : 81 grm MgCl 2 ,6H 2 O                         : 76 gram Zn asetat 2

indeks komposit

8.    Langkah – langkah untuk menghitung indeks komposit : a.        Pembuatan Komposit Indeks 1.        Setiap indicator pembentuk indeks komposit ditransformasikan ke dalam nilai berskala 0 – 100 2.        Transformasi dilakukan dengan metode max – min untuk mendapatkan nilai indeks tunggal 3.        Menggabungkan indeks tunggal untuk mendapatkan nilai indeks komposit 4.        Setelah itu, menghitung shortfall. Shortfall digunakan untuk mengukur kecepatan perkembangan penurunan indeks komposit dalam suatu kurun waktu. Ukuran ini secara sederhana menunjukkan perbandingan antara cepaian yang telah ditempuh dengan capaian yang harus ditempuh untuk mencapai titik ideal (100). Dimana: IK t+n     = indeks komposit tahun akhir                 IK t           = indeks komposit tahun awal IK ideal      = 100 n              = selisih antara tahun awal dan akhir Ø   Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam perhitungan komposit indeks 1.        Kerangka teoritis