Langsung ke konten utama

DIET MEDITERANIA

•    Kasus
Kasus diet mediterania untuk wanita dewasa usia 35 tahun dalam bentuk makanan biasa.
•    Kebutuhan zat gizi menurut AKG :
Energi : 1800 kkal
Protein : 15% x 1800 = 270 → 270 / 4 = 67,5 gram
Lemak : 25% x 1800 = 450 → 450 / 9 = 50 gram
Karbohidrat : 60% x 1800 = 1080 → 1080 / 4 = 270 gram
•    Pembagian makan sehari :
Makan pagi (25%) :
Energi : 450 kkal
Protein : 16,875 gram
Lemak : 12,5 gram
Karbohidrat : 67,5 gram
Snack pagi (10%) :
Energi : 180 kkal
Protein : 6,75 gram
Lemak : 5 gram
Karbohidrat : 27 gram
•    Makan siang (30%) :
Energi : 540 kkal
Protein : 20,25 gram
Lemak : 15 gram
Karbohidrat : 81 gram
•    Snack sore (10%) :
Energi : 180 kkal
Protein : 6,75 gram
Lemak : 5 gram
Karbohidrat : 27 gram
•    Makan malam (25%) :
Energi : 450 kkal
Protein : 16,875 gram
Lemak : 12,5 gram
Karbohidrat : 67,5 gram
•    Menu :
Makan pagi :
    Sandwich
    Air putih
    Apel
Snack pagi :
    Salad buah
Makan siang :
    Nasi putih
    Sup jamur
    Air putih
    Melon
Snack sore :
    Jus anggur susu dengan topping ice cream
Makan malam :
    Nasi putih
    Bistik daging sapi
    Air putih

DIET MEDITERANIA

I.    PENGERTIAN
Diet mediterania merupakan diet yang terinspirasi oleh gaya hidup orang-orang yang hidup di cekungan mediterania seperti Italia, Yunani dan Spanyol. Konsepnya adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang alami dengan menyingkirkan semua nutrisi buatan.

Diet mediterania bukan sekedar diet biasa yang mampu menurunkan berat badan saja karena diet ini dapat menghindari orang terkena berbagai macam penyakit. Stroke, sakit jantung, sindrom metabolik seperti tingkat kolesterol yang tidak stabil, penyakit paru-paru seperti asma, parkinson, alzheimer dan berbagai jenis kanker merupakan penyakit-penyakit yang bisa dihindari dengan melakukan diet mediterania. Banyaknya penyakit yang dapat dihindari membuat diet mediterania disebut-sebut sebagai metode diet yang paling sehat di dunia.

II.    METODE DIET

1.    Hindari semua makanan buatan. Hal ini merupakan aturan dasar diet mediterania. Dalam makanan buatan, terdapat trans fat atau lemak trans yang meningkatkan kolesterol dan dicurigai bisa menyebabkan kanker. Di Amerika Serikat, produsen makanan buatan harus menerangkan secara jelas jumlah lemak trans pada produknya, namun di negara-negara lain hal ini belum dilakukan.
2.   Seperti makanan buatan, Anda juga harus menghindari minuman buatan dengan gula atau pemanis. Minumlah air sebanyak mungkin dan beberapa jus buah segar seperti jeruk yang diperas atau diblender sendiri, bukan yang dijual di mini market dalam kemasan.

3.    Hindari berbagai jenis permen. Permen mengandung berbagai jenis pemanis buatan yang tidak sesuai dengan metode diet Mediterania.

4.    Dapatkan sarapan yang sehat setiap hari dengan buah-buahan segar seperti nanas, stroberi, apel, pir, jeruk, jeruk bali. Buatlah bubur havermut dengan susu skim dan tanpa gula. Anda juga bisa menambahkan telur dan kacang jika mau. Jika bosan, Anda bisa mengganti telur dengan ikan bakar atau memasukkan keduanya (telur dan ikan) bila tubuh membutuhkannya, misalnya saat aktivitas pada hari tersebut akan sangat melelahkan.

5.    Dengan melakukan sarapan ala diet mediterania tersebut, Anda tidak akan kelaparan selama empat hingga lima jam. Jika Anda kemudian bekerja atau berbelanja, makanlah beberapa wortel yang sudah dikupas atau apel yang sudah dibersihkan. Bawahlah wortel atau apel tersebut di dalam tas Anda.

6.   Tiga hingga empat jam kemudian, Anda bisa makan siang dengan menu yang mirip seperti sarapan. Beberapa sayuran yang direbus tanpa wortel dan sedikit kentang. Untuk menu utamanya, Anda bisa membuat ayam panggang dengan sedikit minyak zaitun. Jangan lupa mengonsumsi salad yang juga menggunakan sedikit minyak zaitun.

7.   Sebelum tidur, makanlah buah-buahan dan minumlah segelas susu skim.

8    Jangan lupa untuk selalu makan dengan perlahan agar tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, diet mediterania bukan hanya sekedar diet, namun juga gaya hidup. Oleh karena itu, diet ini harus ditunjang dengan gaya hidup yang sehat. Hindari merokok, tidur terlalu larut dan juga mulailah berolahraga.


Perancis adalah salah satu kota yang terkenal akan khazanah kulinernya, juga termasuk kota yang elegan dengan gaya memasaknya dan sangat konvensional karena metode memasaknya, gaya memasaknya, dan peralatan yang digunakan oleh orang-orang Perancis banyak ditiru dan digunakan oleh negara barat lainnya. Oleh karena itu kuliner di negara ini mempunyai nilai seni yang tinggi dan menjadikan negara ini mempunyai banyak makanan khas. Nilai seni dalam memasak ala Perancis menjadikan beberapa negara barat didunia banyak yang meniru gaya dan metode memasak ala Perancis. Karena selain masakannya yang unik negara Perancis juga mempunyai cara hidangan yang tidak dimiliki negara lain, berikut beberapa metode memasak, teknik  menghidangkan masakan, dan aneka masakan khas Perancis.

III.    METODE MEMASAK DAN TEKNIK MENGHIDANGKAN MASAKAN

Metode memasak di Perancis, gaya memasak, dan peralatan yang digunakan dalam memasak mempunyai peran penting dalam keberhasilan memasak di Perancis yang membuat masakan ini terkenal di seluruh dunia.
Menurut Varenne (1652:11) “Bagaimana cara memasak di Perancis, metode memasak, dan peralatan memasak telah menjadi bagian penting dari memasak di Perancis. Jadi metode memasak dan peralatan yang digunakan dalam memasak ataupun dalam hidangan masakannya sangat diperhatikan oleh para koki di Perancis karena akan menentukan keberhasilan sebuah masakan.

Perancis memiliki budaya kuliner dengan etika di meja makan yang tetap dipegang hingga saat ini. Ada dua hal yang khas dalam kuliner Perancis yaitu bahan olahan dan penyajiannya. Sebagian besar masakan Perancis pasti melibatkan saus, anggur atau wine, daging ayam, butter atau krim. Dan semua itu adalah khas Perancis. Anggur atau wine digunakan digunakan sebagai penambah cita rasa.

 Pada saat proses memasak alkohol pada anggur akan menguap namun dengan aroma yang tetap. Inilah yang menjadi karakter masakan Perancis. Yang kedua adalah urutan penyajian hidangannya Perancis berbeda dengan negara lain. Yang pertama adalah makanan pembuka (appetizer/hors d’oeuvre) berupa sup, daging asap atau salad. Kedua makanan utama, makanan berbahan daging atau ikan, sayur dan nasi atau pasta. Ketiga yaitu penutup (dessert), biasanya selalu ada di rumah setiap hari seperti roti dan keju. Bisa juga ditambahkan cookis, buah-buahan dan es krim. Rasa saus Perancis pada umumnya lebih elegan dari pada saus yang ada di restauran-restauran di seluruh dunia. Biasanya orang Perancis memperlihatkan keeleganan dengan dua ramuan utama, yaitu cream dan anggur. Ramuan lainnya yang biasa digunakan adalah daging atau ikan, mentega, tepung, tomat, wortel, bawang, lemak babi, tumbuhan, dan saus salam. 

 Saus perancis yang sederhana adalah saus ikan dan saus daging, saus mentega, saus putih, dan saus coklat. Saus mentega sebagai contoh adalah hollandaise dan Bernaise. Saus Hollandaise dibuat dari beberapa telur dan Bernaise memiliki rasa yang lebih nyata dengan tambahan tarrgon. Saus putih dasarnya dari bechamel termasuk susu dan sering juga menggunakan keju. Saus coklat dasarnya dari demi-glace. Masakan Perancis yang telah berkembang diantaranya resep ikan yang sangat terkenal didunia yaitu bouillabaisse. Sebenarnya resep untuk sup ikan Perancis ini sangat sederhana hanya  dengan ikan yang diawetkan diambil dari tulang ikan yang dididihkan, ikan tersebut dipotong menjadi berkeping-keping, dengan beberapa tomat dan bawang, dan beberapa rumput-rumputan. Ini menjadi ciri khas dalam mencerahkan warna merah dan kuning terutama untuk rasa. Resep seafood di Perancis yang sangat asli menggunakan udang a la Ther midore.

 Jika udang disajikan dengan cara ini maka daging dipisahkan terlebih dahulu dicampur dengan saus keju kemudian diletakan kembali kedalam udang. Di Perancis makan malam yang terkenal dibagi menjadi lima sampai sepuluh hidangan utama. Makan malam dimulai dengan hors d’oeuvre (hidangan pembagkit selera). Biasanya adalah charcuterie berupa sosis. Pembangkit selera makan ini diikuti dengan sup yang menggunakana kaldu daging sapi. Yang dimasak dengan beberapa ramuan dan sayur-sayuran sehingga disebut sup julienne. 

Kuah yang sangat khas di Perancis tentu saja adalah kuah Perancis yang disajikan dengan telur dan beraneka macam bumbu. Sedangkan kue-kue yang khas di Perancis yaitu mousse dan crepes. Mousse dibuat dari putih telur yg diberi warna menjadi coklat atau crème. Yang menarik adalah urutan dan teknik menghidangkan makanan tersebut. Dihidangkan satu persatu dan berurutan. Budaya kuliner ini menunjukan orang Perancis memiliki  kebiasaan makan slow food.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhitungan Energi dengan AIBW

a.        Perhitungan Energi v   Langkah Penggunaan AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ) Menghitung berat badan ideal IBW           = (TB – 100) – 10%                    = (160 – 100) – 10% = 54 kg Menggunakan AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ) karena ABW ( Actual Body Weight ) klien lebih besar 120% dari IBW ( Ideal Body Weight ) klien, dimana ABW klien 80 kg dan IBW klien 54 kg. Dibuktikan dengan, ABW/ IBW X 100%               = 80/ 54 X 100%                                                    = 148,148% à ABW > 120% IBW Dikarenakan ABW ( Actual Body Weight ) klien lebih besar dari 120% dari IBW ( Ideal Body Weight ) klien, maka yang digunakan adalah AIBW ( Adjusted Ideal Body Weight ). Menghitung Adjusted Ideal Body Weight (AIBW) AIBW        = (ABW – IBW) X 0,25 + IBW                    = (80 – 54) X 0,25 + 54 = 60,5 kg Koefisien 0,25 (25%) pada perhitungan di atas menunjukkan persen dari kelebihan berat badan yang “ metabolic active ” dengan mempertim

ReSoMal

CARA MEMBUAT FORMULA RAHIDRATION SOLUTION FOR MALNUTRITION (ReSoMal) Cara membuat cairan ReSoMal Terdiri dari : -           Bubuk WHO-ORS untuk 1 liter *                                         : 1 pak -           Gula pasir                                                                                     : 50 gram -           Larutan elektrolit/ mineral **                                              : 40 ml -           Di tambah air sampai larutan menjadi                              : 2000 ml (2 liter) Setiap 1 liter cairan ReSoMal ini mengandung 45 mEq Na, 40 mEq K dan 1,5 mEq Mg (*) : bubuk WHO ORS untuk 1 liter mengandung 3,5 g NaCl, 2,9 g trisodium citrat dihidrat 1,5 g KCl dan 20 g glukosa Cara membuat larutan elektrolit (**) : larutan elektrolit/ mineral terdiri dari : KCl                                           : 224 gram Tripotasium citrat              : 81 grm MgCl 2 ,6H 2 O                         : 76 gram Zn asetat 2

indeks komposit

8.    Langkah – langkah untuk menghitung indeks komposit : a.        Pembuatan Komposit Indeks 1.        Setiap indicator pembentuk indeks komposit ditransformasikan ke dalam nilai berskala 0 – 100 2.        Transformasi dilakukan dengan metode max – min untuk mendapatkan nilai indeks tunggal 3.        Menggabungkan indeks tunggal untuk mendapatkan nilai indeks komposit 4.        Setelah itu, menghitung shortfall. Shortfall digunakan untuk mengukur kecepatan perkembangan penurunan indeks komposit dalam suatu kurun waktu. Ukuran ini secara sederhana menunjukkan perbandingan antara cepaian yang telah ditempuh dengan capaian yang harus ditempuh untuk mencapai titik ideal (100). Dimana: IK t+n     = indeks komposit tahun akhir                 IK t           = indeks komposit tahun awal IK ideal      = 100 n              = selisih antara tahun awal dan akhir Ø   Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam perhitungan komposit indeks 1.        Kerangka teoritis